Opini

Ahmadiyah Sangat Islami dan Menjalankan Ajaran Rasulullah SAW

ahmadiyah
Penulis Said Ahmad

Abad 21 di Indonesia, zaman yang rasanya sama dengan zaman jahiliyah. Ya, kamu bisa melihat sekarang bagaimana orang dengan mudah menghakimi orang lain tanpa klarifikasi terhadap sumber aslinya terlebih dahulu. Sikap judgemental ini adalah tanda zaman ini jahiliah.

Lihat saja sekarang, sesat menyesatkan, tuduh menuduh, bukanlah hal yang tidak umum. Menjadi konten sehari-hari bagi pengguna media. Hal seperti ini terjadi juga ketika zaman jahiliyah semasa hidup Orang-orang menuduh Rasulullah sebagai orang yang sesat tanpa mengoreksinya terlebih dahulu. Malah lebih jahiliah zaman ini karena adanya internet sebagai penyebar informasi dengan sangat cepat. Sehingga mudah sekali orang menyatakan sesat atau menghakimi orang lain.

Saat ini, Ahmdiyah menjadi salah satu korban sikap judgemental ini. Tapi uniknya, ini menjadikan menyempurnakan sunnah Rasulullah SAW.

Sunnah merupakan sikap, tindakan, ucapan, dan cara yang dijalankan oleh Rasulullah SAW dalam hidupnya. Ahmadiyah sendiri melaksanakan sunnah Rasulullah SAW secara sempurna. Yaitu sunnah dalam Ibadah, sunnah dalam berperilaku, sunnah dalam keadaan hidup.

Sekali lagi, klarifikasi dengan sumber yang aslinya. Bagaimana cara melihat sunnah ibadah dan berperilaku orang Ahmadiyah? Datang saja ke Jalsah Salanah. Jalsah Salanah merupakan pertemuan tahunan bagi seluruh anggota Jamaah Muslim Ahmadiyah. Ada Jalsah Salanah Internasional yang diselenggarakan di beberapa negara seperti di Inggris, Jerman, Kanada, dan India. Di sana kita bisa melihat dan mengamati bagaimana cara Jamaah Ahmadiyah sholat, membaca Al-Qur’an, atau berperilaku seperti makan, minum, tidur, berbicara, bertemu di dalam suatu majelis, memperlakukan tamu, dan lain-lain. Dijamin akan melihat bagaimana yang sebenarnya Jamaah Ahmadiyah.

Yang menjadi penyempurna sunnah Rasulullah oleh Ahmadiyah adalah bagaimana ia diperlakukan seperti Rasulullah SAW dahulu kala. Ia diboikot, diberi tuduhan palsu, dihina, diserang. Orang-orang Quraisy ingin sekali membunuh Rasulullah. Apa yang dilakukan Rasulullah ? Beliau tetap bersabar, terus menyebarkan kebenaran, tetap berakhlak mulia, tidak membalas serangan, yang itu ada pada diri Jamaah Ahmadiyah. Tuduhan-tuduhan dilancarkan, hinaan-hinaan dari berbagai orang, masjid-masjid Ahmadiyah dihancurkan, orang-orang ini ingin sekali mengganggu keberadaan Ahmadiyah. Tetapi, Humanity First milik Ahmadiyah terus berupaya di bidang sosial. Orang-orang di pengungsian Mataram tetap bersabar dalam menjalani kehidupannya, ajaran-ajaran tentang kebaikan tetap dilaksanakan olehnya. Tak ada yang pernah melihat dalam media apapun Ahmadiyah membalas kejahatan para penyerang-penyerangnya.  Ahmadiyah sama sekali tidak pernah membalas kejahatan yang dilakukan oleh para penentang. Itulah perwujudan sunnah Rasulullah s.a.w..

Tak bisa kita pungkiri, sangat dan sangat Rasulullah Ahmadiyah ini.

Referensi :https://id.wikipedia.org/wiki/Sunnah

Sumber Gambar: https://twitter.com/JalsaGermany/status/901022752022384641

Tentang Penulis

Said Ahmad