Opini

Benarkah Islam Agama yang Menakutkan dan Tidak Manusiawi ?

islam

Pada zaman sekarang banyak umat non beranggapan bahwa, adalah yang menakutkan dan tidak manusiawi. Hal itu tidak lepas dari aksi pengeboman yang dilakukan oleh umat Islam yang gagal dalam memahami perintah . Mereka yang mengaku pembela Islam secara membabi buta melenyapkan nyawa tak berdosa. Mereka juga tidak peduli tua atau muda, yang jelas, yang tidak sepaham patut dibinasakan.

Tidak mengherankan jika negara-negara dengan mayoritas penduduk non Islam, menganggap bahwa Islam adalah agama yang menakutkan dan mengerikan. Anggapan tersebut didasarkan pada pembunuhan masal yang sering dilakukan oleh sekolompok umat islam terhadap orang-orang non Islam. Salah satunya yang terjadi di Prancis November 2016. Mereka yang melakukan aksi tersebut, tak jarang mengatasnamakan Tuhan dan agama. Lantas Tuhan dan agama manakah yang mereka maksud? Apakah agama tersebut adalah Islam ?

Jika memang benar agama yang mereka maksud adalah Islam, sekali-kali tidak pernah ditemukan dalam Al-qur’an dan hadits yang digunakan sebagai pedoman hidup orang Islam menyatakan bahwa Allah SWT mencintai orang yang membunuh manusia secara membabi buta dan keji. Dalam ajaran Islam sendiri menghilangkan nyawa manusia tidaklah dipandang baik, kecuali dalam hal peperangan atau mempertahankah akhidah. Bahkan untuk berdakwah pun nabi Muhammad SAW selalu bersikap sopan dan lemah lembut kepada kaum kafir sekalipun. Sebagaimana Allah berfirman dalam Al-Quran surah An Nahl : 125:

اُدْعُ اِلٰـى سَبِيْـــلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَـــةِ الْحَسَنَـةِ صلى وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِيْ هِيَ اَحْسَـنُج اِنَّ رَبَّكَ هُوَ اَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيْـــلِه صلى وَهُوَ اَعْلَمُ بِالْمُهْتَـــــدِيْن

Artinya: “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk”.

Berdasarkan ayat tersebut, semakin jelas bagaimana seharusnya umat Islam harus bersikap terhadap orang-orang yang berbeda keyakinan. Islam adalah agama yang cinta , penuh kasih sayang dan tanpa kebencian. Seperti yang tergambar dalam motto salah satu golongan dalam Islam, Ahmadiyah yaitu love for all hatred for none. Dengan demikian Islam benar-benar merupakan rahmat bagi semesta alam. Islam juga bukan agama yang merusak kehidupan dan kebahagian seseorang. Karena Islam menghargai jiwa setiap insan.

Daftar Pustaka :
Al-Quran surat An-Nahl ayat 125
indianexpress.com/article/world/world-news/list-of-terrorist diakses pada 21 September 2017 pukul 21:26 WIB.

 

Sumber Gambar: http://www.abc.net.au/religion/articles/2017/01/18/4606049.htm

Tentang Penulis

Tazkiyah Firdausi

Tinggalkan komentar