Opini

Cara Cepat Mencari Halaman Juz Al Quran

al quran
Penulis Farid Ridwan

Sahabat Quran yang dicintai Saat membaca Al-Quran, pernahkah mengalami kesulitan mencari halaman awal dari yang akan kita baca? Bagi kita yang rutin membaca Al-Quran, biasanya akan meletakkan tanda baca, sebagai penanda untuk melanjutkan bacaan kita.

Tetapi bila kita akan membaca secara bebas, katakanlah untuk membaca juz tertentu, biasanya membutuhkan pencarian yang tidak mudah. Sedikit berbeda bila yang kita cari adalah halaman awal surat, dalam mushaf Al-Quran biasanya sudah ada indeks surat dan halaman pada bagian depan atau belakang mushaf.

Nah, kali ini saya akan berbagi tips cara cepat mencari halaman juz Al Quran dengan bantuan rumus hitung-hitungan matematis sederhana. Dengan rumus ini maka sahabat dapat mengetahui setiap halaman awal dari juz yang ingin dicari dengan cepat, walaupun sahabat belum hafal Al Quran. Menarik sekali bukan? Selain itu, dengan tips ini sahabat akan terbantu ketika menghafal Al-Quran. Insya Allah.

Rumus cepat mengetahui halaman juz Al-Quran ini hanya berlaku untuk mushaf standar dengan ketentuan untuk 1 juz ditulis per 20 halaman. Untuk mushaf yang kurang dari 20 halaman atau lebih dari 20 halaman per 1 juz-nya, maka tidak dapat menggunakan rumus ini. Akan tetapi sahabat tidak perlu khawatir, karena hampir sebagian besar mushaf Al-Quran yang ada di Indonesia sudah mengadopsi standar ini.

Baiklah, ayo sekarang kita bahas rumusnya!

Langkah pertama, sahabat harus mengecek terlebih dahulu halaman awal juz 1 berada pada halaman ke berapa dari mushaf Al-Quran yang digunakan.  Ingat bahwa juz 1 diawali dengan surat Al-Fatihah. Jadi, sahabat harus mengecek surat Al-Fatihah terletak pada halaman berapa.

Sebagai contoh apabila sahabat Quran memiliki mushaf Al-Quran Tikrar, terbitan Penerbit Syaamil Quran, maka halaman 1 dari Juz 1, yaitu surat Al-Fatihah yang terletak pada halaman ke-1 dari mushaf tersebut. Catat baik-baik nomor halaman ini. Untuk mushaf standar penerbit lain, bisa terjadi surat Al-Fatihah terletak pada halaman ke-2. Sekali lagi ingat baik-baik nomor halaman tempat surat Al-Fatihah tersebut.

Kemudian ingat angka patokan berikut ini :

Jika surat Al-Fatihah terletak pada halaman ke-1 maka ingat angka patokannya adalah 2.

Jika surat Al-Fatihah terletak pada halaman ke-2 maka ingat angka patokannya adalah 3.

Untuk mushaf Alquran Tikrar angka patokannya adalah 2, karena surat Al-Fatihah berada pada halaman ke-1.

Langkah kedua, kurangi Juz yang ingin dicari halamannya dengan bilangan 1 (satu). Contoh, Juz yang ingin dicari halamannya adalah Juz 23. Maka rumusnya menjadi : 23-1 = 22.

Langkah ketiga, kalikan hasil langkah 2 di atas dengan bilangan 2. Maka hasilnya menjadi 22 x 2 = 44.

Langkah terakhir, letakkan angka patokan (yaitu angka 2) setelah angka di langkah ketiga. Untuk mushaf Alquran Tikrar, maka hasilnya menjadi 442.

Jadi Juz 23 pada mushaf Alquran Tikrar, halaman pertamanya terletak pada halaman 442. Mudah bukan?

Ok, supaya lebih lancar, mari kita coba lagi satu contoh cara cepat mencari halaman juz Al-Quran untuk mencari halaman pertama Juz 18.

Langkah pertama, angka patokan adalah 2, karena menggunakan mushaf Alquran Tikrar (seperti contoh pertama di atas).

Langkah kedua, kurangi dengan angka 1 menjadi 18-1 = 17

Langkah ketiga, kalikan dengan angka 2 menjadi 17 x 2 = 34

Langkah terakhir, letakkan angka 2 (angka patokan) setelah angka hasil langkah ketiga, sehingga menjadi 342.

Jadi, halaman pertama Juz 18 pada mushaf Alquran Tikrar terletak pada halaman 342.

Untuk mushaf Al-Quran dimana halaman pertama surat Al-Fatihah terletak pada halaman 2, maka langkah terakhir di atas untuk angka patokan diganti dengan bilangan 3.

Silahkan coba untuk pencarian juz-juz yang lain. Bila sahabat memiliki mushaf Al-Quran dengan penerbit yang berbeda silahkan dapat dites juga dengan rumus di atas.

Subhanallah… Al-Quran itu menakjubkan bukan?

Benarlah firman Allah SWT ini: “Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Qur’an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran” (QS. Al-Qamar : 17, 22, 32, 40)

Ajarkan juga, cara cepat mencari halaman Juz Al Quran ini kepada orang lain, sahabat, kerabat, saudara seiman, agar kita semakin mudah mengenal Al-Quran dan semakin mencintainya. Aamiin.

Sumber: Mozaik (Trans TV)

Sumber Gambar: http://www.takrim-alquran.org/ramadhan-adalah-bulan-al-quran/

Tentang Penulis

Farid Ridwan

Tinggalkan komentar