Opini

Doa Indah Saat Situasi Buruk

doa
Penulis Ammar Ahmad

Kehidupan bagi seorang manusia tidak selamanya berjalan mulus. Kadangkala kita benar-benar merasa tak berdaya untuk menghadapi masalah. Kadangkala dunia terasa begitu kejam kepada kita. Semua usaha kita kerahkan untuk memperbaiki keadaan, tapi nyatanya tidak membuahkan hasil yang memuaskan. Sontak, manusia mulai mencari dan dukungan.

Ia pergi ke kekasihnya, keluarganya, teman dekatnya, masyarakatnya, pemerintahnya dan kadangkala masih belum membuahkan hasil. Ia tahu kalau mereka semua juga punya masalah dan keterbatasan masing-masing sehingga tak mampu untuk menolongnya.

Ia mulai menyerah dan menyadari kalau ini adalah jalan buntu. Mulailah ia berpikir mengenai Sosok Yang Maha Penolong. Ia rebah tunduk bersujud pada-Nya dan mulai menyampaikan segala keluh kesahnya. Ia tak menyadari kalau telah dijadikan pilihan terakhirnya. Ia tak menyadari kalau selama ini menunggunya untuk kembali ke pangkuan-Nya dan meminta tolong pada-Nya.

Ketahuilah! Berdoa adalah pilihan utama untuk mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan. Berikut penulis sampaikan Masih Mauudas yang sangat indah dan menyentuh relung kalbu terdalam manusia. Dari doa ini kita akan mengetahui betapa dalam dan khusyunya Masih Mauudas dalam berdoa.

اڑے وقت کی دعا

اے میرے محسن اور اے میرے خدا !

میں ایک تیرا  ناکارہ بندہ پر معصیت اور پر غفلت ہوں_

تو نے مجھ سے ظلم پر ظلم دیکھا _ اور انعام پر انعام کیا_

اور گناہ پر گناہ دیکھا _احسان پر احسان کیا_

تو نے ہمیشہ میری پردہ پوشی کی اور اپنی بے شمار نعمتوں سے متمتع کیا_

سو اب بھی مجھ نالائق اور پر گناہ پر رحم کر اور میری بے باکی اور ناسپاسی کو معاف فرما اور مجھ کو میرے اس غم سے نجا ت بخش کہ بجز تیرے چارہ گر کوئی نہیں _ آمین ثم آمین

(از مکتو بت بنام حضرت خلیفۃ اوّل رض ص 3 )

Artinya:

Do’a saat Situasi Buruk

Wahai Muhsinku (Yang Berbuat Ihsan), wahai Tuhanku!

Aku adalah hamba-Mu yang tak berdaya, penuh kelemahan dan kelalaian.

Engkau melihat keaniayaan demi keaniayaan yang kuperbuat, namun Engkau senantiasa menganugerahkan kenikmatan demi kenikmatan.

Engkau melihat dosa demi dosa yang kuperbuat, namun Engkau senantiasa berbuat ihsan demi ihsan (berbuat lebih baik) padaku.

Engkau senantiasa menutupi segala kelemahanku dan senantiasa menganugerahkan nikmat-Mu yang tak terhingga kepadaku.

Maka kasihanilah diriku yang tak layak dan penuh dosa ini.

Maafkanlah kelancanganku dan  sikapku yang tak tahu berterima kasih

dan selamatkanlah aku dari duka nestapa ini.

Karena tidak ada penolong lain selain Engkau seorang.

Aamiin tsumma Aamiin

(Az Maktubat atas nama Hadhrat Khalifah Awalra hal. 3 )

Doa ini adalah doa yang sangat indah dan dalam sekali. Bila rekan-rekan pembaca memahami bahasa Urdunya maka rekan-rekan pasti merasakan kedalaman kata-kata yang beliau gunakan. Bagaimanapun hebatnya terjemahan, tetap tidak akan mampu menyaingi keindahan dan kedalaman bahasa aslinya.

Dari doa ini kita mengetahui bahwa Masih Mauudas adalah sosok yang sangat rendah hati. Allah Taala menganugerahkan pada beliau derajat kenabian umati Hd. Rasulullahsaw. Beliau adalah Al-Masih/ Yesus yang dijanjikan kedatangannya kedua kali oleh banyak Nabi. Beliau adalah Imam Mahdi yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Namun demikian tingginya derajat kerohanian beliau, hal itu tidak membuat beliau lalai dari ibadah dan berdo’a. Beliau adalah sosok yang suci dari dosa, namun tetap saja beliau memanjatkan lantunan istighfar ke hadapan Allah Taala.

Dari kalimat keh bajuz tere carah gar kui nehiy yang artinya “Karena tidak ada penolong lain selain Engkau seorang”, kita dapati pasti bahwa beliau adalah sosok yang sangat bertawakal kepada Allah Ta’ala. Beliau menjadikan-Nya sebagai satu-satunya tumpuan hidup. Beliau menjadikan-Nya sebagai pilihan utama untuk dimintai tolong. Dari doa ini kita dapati ada tiga kata permohonan yakni kasihanilah, maafkanlah dan selamatkanlah. Hal ini mengajarkan kepada kita betapa pentingnya memohon kasih sayang Allah Taala, lalu memohon ampunan-Nya dan barulah kita memohon dari-Nya keselamatan dari situasi buruk yang kita hadapi.

Catatan:

اڑے وقت adalah saat situasi buruk. میں اڑے وقت adalah during the bad times/dalam saat-saat yang buruk. Kamus yang penulis gunakan adalah Oxford Urdu-English Dictionary.

(Salimudin, S.M. & Sahil Anjam.2013.Oxford Urdu-English Dictionary.Oxford University Press:Karaci)

 

Sumber Gambar: http://blog.elevenia.co.id/bacaan-doa-selamat/

Tentang Penulis

Ammar Ahmad