Aqidah Blog Pribadi Iffat Aulia Ahmad

Pembahasan mengenai hadis-hadis diangkatnya Nabi Isa a.s. ke langit

Oleh Iffa Aulia Ahmad

Suumber : nafirizaman.blogspot.com

PADA beberapa waktu lalu, kami pernah menuliskan pembahasan mengenai ḥadīts-ḥadīts dan atsar-atsar yang dipergunakan oleh para penentang Jemaat Muslim Ahmadiyah untuk membatilkan pendakwaan Ḥaḍrat Mīrzā Ghulām Aḥmad al-Qādiyānī a.s. menyoal kewafatan Nabi ‘Īsā al-Masīḥ a.s..

Tulisan itu dapat dilihat: di sini.

Namun, ḥadīts-ḥadīts yang kami bahas pada tempo hari hanya berkutat pada turunnya al-Masīḥ a.s. dari langit, sedangkan atsar-atsarnya memperbincangkan kenaikan beliau ke langit.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas ḥadīts-ḥadīts yang secara eksplisit menyebutkan naiknya beliau ke langit.

Semoga bermanfaat!

1. Al-Ḥāfiẓ Ibn ‘Asākir meriwayatkan dalam Tārīkhu Madīnati Dimasyq[1] dari jalur al-Khaṭib al-Baghdādī dalam Tārīkhu Baghdād[2]:

أخبرنا أبو الحسن بن قبيس وأبو منصور بن خيرون؛ أنبأنا أبو بكر الخطيب؛ أخبرني الحسن بن محمد الخلال؛ حدثنا أبو حصين ضياء بن محمد الكوفي بها؛ حدثنا الحسين بن مرزوق؛ حدثنا علي بن الحسن بن محمد بن سعيد بن عثمان العكبري؛ حدثنا إبراهيم بن عبد الله الطرسوسي؛ حدثني بلال خادم أنس بن مالك؛ عن أنس بن مالك، قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: لما اجتمعت اليهود على أخي عيسى ابن مريم ليقتلوه ـ بزعمهم ـ، أوحى الله إلى جبريل أن أدرك عبدي! فهبط جبريل، فإذا هو بسطر في جناح جبريل فيه مكتوب: لا إله إلا الله محمد رسول الله. قال: يا عيسى! قل! قال: وما أقول يا جبريل؟ قال: قل: اللهم إني أسألك باسمك الواحد الأحد، أدعوك اللهم باسمك الصمد، أدعوك اللهم باسمك العظيم الوتر الذي ملأ الأركان كلها، إلا فرجت عني ما أمسيت فيه وأصبحت فيه، قال: فدعا بها عيسى، فأوحى الله إلى جبريل أن ارفع إلي عبدي! ثم التفت رسول الله صلى الله عليه وسلم إلى أصحابه، فقال: يا بني هاشم! يا بني عبد المطلب! يا بني عبد مناف! ادعوا ربكم بهؤلاء الكلمات! والذي بعثني بالحق نبيا، ما دعا بها قوم قط إلا اهتز له العرش والسموات السبع والأرضون السبع.

“Abū al-Ḥasan ibn Qubais dan Abū Manṣūr ibn Khairūn mengabarkan kepada kami; Abū Bakr al-Khaṭib al-Baghdādī memberitakan kepada kami; al-Ḥasan ibn Muḥammad al-Khallāl mengabarkan kepadaku; Abū Ḥaṣīn Ḍiyā’ ibn Muḥammad al-Kūfī di Kufah; al-Ḥusain ibn Marzūq menceritakan kepada kami; ‘Alī ibn al-Ḥasan ibn Muḥammad ibn Sa‘īd ibn ‘Utsmān al-‘Ukbarī menceritakan kepada kami; Ibrāhīm ibn ‘Abdillāh aṭ-Ṭarsūsī menceritakan kepada kami; Bilāl pembantu Ḥaḍrat Anas ibn Mālik r.a. menceritakan kepadaku; dari Ḥaḍrat Anas ibn Mālik r.a., beliau berkata:

“Ḥaḍrat Rasūlullāh SAW bersabda: Ketika orang-orang Yahudi tengah berkumpul untuk membunuh saudaraku, ‘Īsā, – menurut persangkaan mereka -, Allāh mewahyukan kepada Jibrīl: Temuilah hamba-Ku! Jibrīl pun turun. Ada tertulis pada sebuah baris di sayap Jibrīl: Tidak ada tuhan selain Allāh, Muḥammad adalah utusan Allāh. Jibrīl berkata: Wahai ‘Īsā! Berkatalah! ‘Īsā bertanya: Wahai Jibrīl! Apa yang harus aku katakan? Jibrīl menjawab: Katakanlah! Wahai Allāh! Aku memohon kepada-Mu dengan nama-Mu Yang Maha Satu dan Yang Maha Tunggal. Aku berdoa kepada-Mu, wahai Allāh, dengan nama-Mu Yang dengan-Mu sajalah segala sesuatu bergantung! Aku berdoa kepada-Mu, wahai Allāh, dengan nama-Mu Yang Maha Agung dan Yang Maha Tunggal yang memenuhi seluruh penjuru.

“Ḥaḍrat Rasūlullāh SAW bersabda: Lantas, ‘Īsā berdoa dengan doa itu. Kemudian, Allāh mewahyukan kepada Jibrīl: Angkatlah hamba-Ku kepada-Ku!

“Kemudian, Ḥaḍrat Rasūlullāh SAW menoleh kepada para Sahabat beliau lalu berkata: Wahai Banī Hāsyim! Wahai Banī ‘Abd-ul-Muṭallib! Wahai Banī ‘Abdī Manāf! Berdoalah kepada Rabb kalian dengan kalimat-kalimat itu! Demi Dzat Yang membangkitkanku sebagai seorang nabi dengan kebenaran! Tidak ada satupun kaum yang berdoa dengannya, kecuali ‘Arsy, tujuh langit, dan tujuh bumi berguncang baginya.”

Sayangnya, lagi-lagi, para penentang Jemaat tidak berterus terang menyampaikan derajat ḥadīts ini.

Seandainya mereka mengutarakan hal itu, niscaya maksud mereka tidak akan tersampaikan, sebab ḥadīts di atas sangatlah lemah dan bahkan mauḍū‘.

Berikut ini saya kutipkan komentar-komentar para muḥaddits mengenainya:

1. Syams-ud-Dīn adz-Dzahabī

إسناده ظلمات.

“Isnādnya gelap.”[3]

2. Abū al-Faraj Ibn al-Jauzī

هذا حديث لا يصح عن رسول الله وعامة رواته مجاهيل لا يعرفون.

“Ini merupakan sebuah ḥadīts yang tidak ṣaḥīḥ dari Ḥaḍrat RasūlullāhSAW dan kebanyakan perawinya majhūl lagi tidak dikenal.”[4]

3. Jalāl-ud-Dīn as-Suyūṭī

في هذا الإسناد مجاهيل.

“Terdapat orang-orang majhūl di dalam isnād ini.”[5]

4. Ibn ‘Irāq al-Kinānī

وعامة رواته مجاهيل.

“Kebanyakan perawinya majhūl.”[6]

Kami kira, penjelasan lebih lanjut tidak diperlukan.

Ibn ‘Asākir mencatat lagi ḥadīts semisal ini masih dalam Tārīkhu Madīnati Dimasyq[7], yang diikuti oleh aḍ-Ḍiyā’ al-Maqdisī dalam al-‘Uddah Li al-Karb Wa asy-Syiddah[8], namun isnādnya mu‘ḍal alias terputus jauh dari Nabi Suci SAW, sebab berpangkal pada Ma‘rūf al-Karkhī yang wafat pada 200 H[9].

2. Ad-Dailamī meriwyatkan dalam Firdaus al-Akhbār[10] dengan ta‘līq, yang dinukil oleh al-Muttaqī al-Hindī dalam Kanz al-‘Ummāl[11], dari Ḥaḍrat Anas r.a., dari Ḥaḍrat Nabi SAW:

كان طعام عيسى عليه السلام الباقلاء حتى رفع، ولم يكن يأكل شيئا غيرته النار حتى رفع.

“Makanan ‘Īsā hingga diangkat adalah kacang-kacangan. Beliau tidak pernah memakan satupun makanan yang dimasak dengan api hingga diangkat.”

Ḥadīts ini dalam bentuk musnad atau bersambung disebutkan oleh putra beliau dalam Musnad ad-Dailamī:

أخبرناه أبي ومحمد بن طاهر الحافظ؛ قالا: أخبرنا أبو إسحاق الطياني؛ أخبرنا أبو إسحاق بن خورشيد؛ قوله: أخبرنا أبو سعيد الأعرابي؛ حدثنا إبراهيم بن الوليد الجشاش؛ حدثنا عبد الله بن عمر الغداني؛ حدثنا هشام بن عبيد الله؛ عن عطاء بن أبي ميمونة، عن أنس.

“Ayahku dan Muḥammad ibn Ṭāhir al-Ḥāfiẓ mengabarkan ḥadīts ini kepadaku; mereka berdua berkata: Abū Isḥāq aṭ-Ṭayyānī mengabarkan kepada kami; Abū Isḥāq ibn Khūrsyīd mengabarkan kepada kami; dia berkata: Abū Sa‘īd al-A‘rābī mengabarkan kepada kami; Ibrāhīm ibn al-Walīd al-Jasysyāsy menceritakan kepada kami; ‘Abdullāh ibn ‘Umar al-Ghadānī menceritakan kepada kami; Hisyām ibn ‘Ubaidillāh menceritakan kepada kami; ‘Aṭā’ ibn Abī Maimūnah, dari Ḥaḍrat Anas r.a..”

Sanad ini lemah karena faktor Hisyām ibn ‘Ubaidillāh ar-Rāzī. Ibn Ḥibbān berkata:

كان يهم في الروايات ويخطئ إذا روى عن الأثبات، فلما كثر مخالفته الأثبات بطل الاحتجاج به.

“Dia seringkali ragu dalam riwayat-riwayat dan keliru jika meriwayatkan dari orang-orang tsabat. Ketika perselisihannya dengan orang-orang tsabat telah terhitung banyak, maka berhujjah dengannya menjadi batil.”[12]

Ibn al-Jauzī, berdasarkan keterangan Ibn Ḥibbān di atas, menggolongkan Hisyām ibn ‘Ubaidillāh ar-Rāzī ke dalam kelompok perawi-perawi lemah[13]. Di lain tempat, al-‘Ijlī juga melemahkannya[14]. Ini diikuti pula oleh aṣ-Ṣaimarī yang mengatakan bahwa dia rapuh dalam periwayatan ḥadīts[15].

‘Aṭā’ ibn Abī Maimūnah di sini merupakan seorang tsiqah[16] ḥujjah[17], ḥadītsnya dikeluarkan oleh al-Bukhārī dan Muslim[18]. Dus, riwayat Hisyām darinya ini batil menurut perkataan Ibn Ḥibbān.

Adalah satu hal yang ajaib bahwa terdapat perbedaan pelakuan dari para penentang Jemaat Muslim Ahmadiyah terhadap Nabi Muḥammad Khātam-un-Nabiyyīn SAW dan Nabi ‘Īsā al-Isrā’īlī a.s..

Ketika Nabi Suci SAW ditimbun dengan jeroan unta sewaktu bersujud, ketika beliau dilempari pasir sewaktu shalat, ketika beliau berdarah dan pingsan di Bukit Uḥud, mereka beranggapan bahwa tidak inkumben bagi Nabi SAW supaya beliau diangkat ke langit dan dijauhkan dari marabahaya yang ditimbulkan musuh, seolah-olah Allāh tidak mempedulikan beliau.

Namun, berkenaan dengan al-Masīḥ an-Nāṣirī a.s., baru sekali saja orang-orang Yahudi berkehendak untuk menangkap beliau, mereka langsung mengutarakan bahwa beliau tidak boleh sedikitpun terluka dan, dengan demikian, Allāh Ta‘ālā wajib mengangkat beliau ke hadirat-Nya layaknya seorang yang paling terkasih.

Inilah yang terjadi dalam tubuh orang-orang yang menamakan diri mereka sebagai para pengikut Muḥammad SAW.

Mengenai mereka, Ḥaḍrat al-Masīḥ al-Mau‘ūd a.s. memaparkan satu proklamasi yang padat, ringkas, lagi mengena:

ألرسولنا الموت والحياة لعيسى؟ تلك إذا قسمة ضيزى!

“Apakah bagi Rasul-kita SAW disediakan kematian, sedangkan kehidupan hanya diperuntukkan bagi ‘Īsāas? Jika demikian, maka hal itu merupakan sebuah pembagian yang teramat curang!”

Semoga kita semua dihindarkan dari segala tindakan yang baik secara terang-terangan ataupun terselubung merendahkan derajat Sayyid Wuldi Ādam SAW. Āmīn Tsumma Āmīn!

__
KETERANGAN:

[1] Al-Ḥāfiẓ Ibn ‘Asākir, Tārīkhu Madīnati Dimasyq vol. 47, Beirut, Dār al-Fikr, 1997 M/1471 H, hlm. 471-472.

[2] Al-Khaṭib al-Baghdādī Tārīkhu Baghdād vol. 13, Beirut, Dār al-Gharb al-Islāmī, 2001 M/1422 H, hlm. 308.

[3] Syams-ud-Dīn adz-Dzahabī, Tartīb al-Mauḍū‘āt, Beirut, Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1994 M/1415 H, hlm. 278-279, no. 997.

[4] Abū al-Faraj Ibn al-Jauzī, al-Mauḍū‘āt Min al-Aḥādīts al-Marfū‘ah vol.3, Riyadh, Maktabah Aḍwā’ as-Salaf, 1997 M/1418 H, hlm. 430, Kitāb ad-Du‘ā, Bāb Du‘ā’u ‘Īsā Ḥīna Rufi‘a, no. 1662.

[5] Jalāl-ud-Dīn as-Suyūṭī, al-La’ālī al-Maṣnū‘ah Fī al-Aḥādīts al-Mauḍū‘ah vol. 2, Beirut, Dār al-Ma‘rifah, 1975 M/1395 H, hlm. 349.

[6] Ibn ‘Irāq al-Kinānī, Tanzīh asy-Syarī‘ah al-Marfū‘ah ‘An al-Aḥadīts asy-Syanī‘ah al-Mauḍū‘ah vol. 2, Beirut, Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1981 M/1401 H, hlm. 320, Kitāb adz-Dzikr Wa ad-Du‘ā, al-Faṣl al-Awwal, no. 5.

[7] Al-Ḥāfiẓ Ibn ‘Asākir, op. cit., hlm. 472-473.

[8] Aḍ-Ḍiyā’ al-Maqdisī, al-‘Uddah Li al-Karb Wa asy-Syiddah, Kairo, Dār al-Musykilah, 1994 M/1414 H, hlm. 104, no. 56.

[9] Ibn Khalikān, Wafayāt al-A‘yān Wa Anbā’u Abnā’ az-Zamān vol. 5, Beirut, Dār Ṣādir, 1979 M, hlm. 233.

[10] Syīrawaih ibn Syahradār ad-Dailamī, Firdaus al-Akhbār vol. 3, Beirut, Dār al-Kitāb al-‘Arabī, 1987 M/1407 H, hlm. 322, Bāb al-Kāf, no. 4850.

[11] Al-Muttaqī al-Hindī, Kanz al-‘Ummāl Fī Sunan al-Aqwāl Wa Af‘āl vol. 11, Beirut, Mu’assasat ar-Risālah, 1985 M/1405 H, hlm. 504, Kitāb al-Faḍā’il Min Qism al-Af‘āl, al-Bāb ats-Tsānī Fī Faḍā’ili Sā’ir al-Anbiyā’, no. 32357.

[12] Ibn Ḥibbān, al-Majrūḥīn vol. 3, Beirut, Dār al-Ma‘rifah, 1992 M/1412 H, hlm. 90.

[13] Abū al-Faraj Ibn al-Jauzī, aḍ-Ḍu‘afā’ Wa al-Matrūkīn vol. 3, Beirut, Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1986 M/1406 H, hlm. 175.

[14] Aḥmad ibn ‘Abdillāh ibn Ṣāliḥ al-‘Ijlī, Ma‘rifat ats-Tsiqāt vol. 2, Madinah, Maktabah ad-Dār, 1985 M/1415 H, hlm. 331.

[15] Ibn Abī al-Wafā’ al-Ḥanafī, al-Jawāhir al-Muḍiyyah Fī Ṭabaqāt al-Ḥanafiyyah vol. 3, Beirut, Hijr, 1993 M/1413 H, hlm. 569.

[16] Ibn Ḥajar al-‘Asqalānī, Taqrīb at-Tahdzīb, Riyadh, Dār al-‘Āṣimah, 1416 H, hlm. 679.

[17] Syams-ud-Dīn adz-Dzahabī, Siyar A‘lām an-Nubalā’ vol. 6, Beirut, Mu’assasat ar-Risālah, 1996 M/1417 H, hlm. 47.

[18] Syams-ud-Dīn adz-Dzahabī, Mīzān al-I‘tidāl Fī Naqd ar-Rijāl vol. 5, Beirut, Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1995 M/1416 H, hlm. 96.

Tentang Penulis

masq@mkaindonesia.org

Majelis Anṣār Sulṭānu'l-Qalām Indonesia