Adi Nasir Denz Asad Kebangsaan Kemanusiaan

Jonru, Bom Sarinah dan Empati terhadap yang Berduka

Jonru, Bom Sarinah dan Empati terhadap yang Berduka

FB jonru Capture

JON Riah Ukur Ginting (Jonru) membuat postingan kontroversial di akun Jonru, ia mengunggah gambar aksibaku tembak di Sarinah Jalan M.H. Thamrin, Jakarta, Rabu (18/1/).

Jonru pun membuat analisa jika teror bom di Sarinah di Jakarta tak lebih dari rekayasa belaka, ia pun menulis analisa tentang pelaku teror. Postingan ini mengundang perhatian Direskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Krishna Murti. Khrisna menjawab postingan Jonru melalui komentar di akun pribadinya.

“Suatu hari: saya akan ajak Jonru kerja dengan saya, merasakan desingan peluru dan dilempar bom. Setelah itu silakan menulis sesukanya; negara demokrasi,” tulisannya di salah satu postingan Jonru.

Komentar Kombes Pol Krishna Murti kontan mendapat dukungan dari netizen lainnya. Bahkan, mereka mentertawakan Jonru yang tidak berani muncul membalas komentar dari Kombes Pol Krishna Murti.

Link: on.fb.me/1QoQzpn

Pelaku Bom Sarinah Cuma Amatiran?Berikut analisis yang ditulis oleh seorang netter bernama Denny Ajd. Dan terlepas…

Posted by Jonru on Friday, January 15, 2016

 

KOMUNITAS MUSLIM Kanada Turut Berduka atas Serangan Bom Jakarta | Jonru dan sebagian masyarakat yang tidak pro dengan pemerintahan sekarang sepertinya selalu nyinyir dan berkomentar miring jika ada sesuatu hal yang mereka tidak sukai. Termasuk dengan aksi terror yang tanggung jawabnya mengarah ke satu kelompok agama tertentu yang beraliran garis keras. Di lain pihak, sama seperti khalayak dan kelompok masyarakat umumnya yang melihat tragedi ini secara kemanusiaan dan objektif, Jamaah Muslim Ahmadiyah dengan tegas mengutuk serangan teroris di Jakarta, Indonesia.

Jamaah Muslim Ahmadiyah Kanada mengutuk serangan beruntun teroris yang terjadi di Jakarta, 14 . Jamaah Muslim Ahmadiyah menyatakan turut berduka dan bersimpati kepada para korban tragedi tersebut. Komunitas turut bersedih atas meninggalnya dua warga sipil, satu di antaranya adalah warga Kanada, yang terbunuh saat serangan itu terjadi dan lainnya terluka.

“Kami benar-benar sedih mendengar mengenai kejadian fatal di Jakarta itu,” demikian diungkapkan ketua Jamaah Muslim Ahmadiyah Kanada, Mr. Lal Khan Malik. “Kami mendoakan para korban yang tak berdosa, semua keluarga korban dan seluruh warga Indonesia.”

“Kami mengutuk semua cara yang membenarkan pembunuhan atas nama agama,” tambah beliau.

Jamaah Muslim Ahmadiyah mendoakan pula untuk proses keadilan dan kesembuhan yang segera untuk korban yang terluka.

Dalam salah satu pidato bersejarah di Parlemen Eropa, Khalifah Muslim Ahmadiyah berkata bahwa seorang muslim sejati adalah yang dari tangan dan omongannya tidak menyebabkan kesulitan bagi orang lain. Hal ini berlaku dalam hubungan pribadi dan masyarakat, sesuai dengan adab yang diajarkan Rasulullah saw., antara lain:

“Tolonglah saudaramu yang kesulitan. Barangsiapa yang membantu seorang muslim dan menghilangkan kesulitan yang ada pada dirinya dari kesuliatan-kesulitan dunia, maka Allāh akan hilangkan baginya kesulitan dari kesulitan-kesulitan di hari kiamat kelak.” (HR Muslim)

Adab kepada makhluk Allāh, misalnya kepada orang tua, guru, karib kerabat, tetangga, dan masyarakat secara umum. Termasuk juga bagaimana berinteraksi dengan binatang dan tumbuhan. Adab dalam hubungan terhadap sesama makhluk mencakup: Menahan diri untuk tidak menyakiti; mencurahkan kemurahan hati dan dermawan (jiwa, kedudukan harta dan Ilmu); menampakkan wajah yang ramah, ceria dan berseri.

“Janganlah sekali-kali engkau meremehkan perbuatan baik sedikitpun, walaupun sekedar menemui saudaramu dengan wajah yang ceria.” (HR Muslim (2626); dan At-Tirmidzī (1833))

Juga Rasulullah saw. mengajarkan, seorang muslim tidak diajarkan untuk menyandarkan hanya kepada usahanya dirinya sendiri tetapi juga harus diiringi dengan doa. Doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah saw. adalah:

“Ya Allah, sebagaimana Engkau telah membaguskan tubuhku, maka baguskanlah akhlakku.” (HR Aḥmad)

Dengan menjadi insan yang membawa manfaat positif bagi semua orang, baik dengan tangan maupun lisan, niscaya damai menyertai kita semua.

 

ADS | DNZ

Tentang Penulis

masq@mkaindonesia.org

Majelis Anṣār Sulṭānu'l-Qalām Indonesia

Tinggalkan komentar