Opini

Kewafatan Nabī ‘Īsā (as) dalam Pandangan Imam Mālik bin Anas (rh)

kewafatan nabi isa as

نحمده ونصلي على رسوله الكريم    بسم الله الرحمن الرحيم

وعلى عبده المسيح الموعود

Nabī ‘Īsā dalam Pandangan Imam Mālik bin Anasrh

 

Salah satu dari keempat Imam yang masyhur adalah Mālik bin Anasrh. Beliau dikenal sebagai Imām Dār al-Hijrah atau ‘Imam Tempat Hijrah  MuḥammadSAW (Madinah al-Munawwarah)’. Sebagai salah satu pendiri mazhab fikih, yaitu Mazhab Mālikī, beliau menempati posisi sebagai mujtahid muṭlaq mustaqill. Keilmuan beliau sudah tidak diragukan lagi. Beliau digambarkan Imam Asy-Syāfi‘īrh sebagai bintang bagi para ulama dan hujah Allah atas manusia setelah Tabiin. Di antara lautan kelimuan beliau yang amat luas itu, ada satu titik yang menarik yang jarang disinggahi orang, yaitu perihal kewafatan Al-Masīḥ ‘Īsā bin Maryamas. Beliau, sebagaimana direkam oleh para ahli ilmu Mazhab Mālikī dalam kitab-kitab mereka yang muktabar, dengan jelas menyatakan bahwa ‘Īsāas wafat pada usia 33 tahun. Di bawah ini, akan Kami sajikan beberapa keterangan dari para sarjana Mazhab Mālikī berserta scan asli dari kitab-kitab mereka berkenaan dengan topik ini.

  1. Imam Abū al-Walīd Muḥammad bin Aḥmad bin Rusyd Al-Jadd Al-Qurtubī (w. 520 H) menyatakan dalam Al-Bayān At-Taḥṣīl Wa At-Taujīh Wa At-Taʻlīl Fī Masā’il al-Mustakhrajahyang adalah syarah beliau terhadap Al-Mustakhrajah[1]karangan Imam Al-‘Utbī:

ويحتمل أن يكون معنى قوله بل رفعه اللّٰه إليه، أي رفع روحه إليه بعد أن مات ويحييه في آخر الزمان فينزله إلى الأرض على ما جاءت به الآثار، فيكون قول مالك على هذا: ومات وهو ابن ثلاث وثلاثين سنة، على الحقيقة لا على المجاز.

“Mungkin makna firman-Nya, ‘Sebaliknya, Allah mengangkatnya kepada-Nya,’ adalah mengangkat ruhnya kepada-Nya setelah beliau wafat dan menghidupkannya kembali pada akhir zaman lalu menurunkannya kembali ke muka bumi sebagaimana diterangkan oleh atsar-atsar. Dengan demikian, perkataan Mālik tentang hal ini, ‘Beliau (‘Īsāas)  wafat pada usia 33 tahun,’ adalah dalam bentuk denotasi, bukan konotasi.”

  1. Al-Qāḍī Abū Muḥammad ʻAbd-ul-Ḥaqq bin Ghālib bin ʻAṭīyyah Al-Andalusī Al-Muḥāribī (w. 542 H) menulis dalam tafsir beliau, Al-Muḥarrar Al-Wajīz Fī Tafsīr Al-Kitāb Al-‘Azīz[2]:

وقال مالك في جامع العتبية: مات عيسى وهو ابن ثلاث وثلاثين سنة.

“Mālikrh berkata dalam Jāmi‘ al-‘Utbiyyah, ‘Nabi ‘Īsāas wafat pada usia 33 tahun.”

  1. Imam Abū ʻAbdillāh Muḥammad bin Khalīfah Al-Wasytānī Al-Ubbī Al-Mālikī (w. 827 H) menulis dalam Ikmālu Ikmāl al-Mu‘lim Bi Fawā’idi Muslim[3]:

وفي العتبية قال مالك: مات عيسى ابن ثلاث وثلاثين سنة. قال ابن رشد: يعني موته: خروجه من عالم الأرض إلى عالم السماء. قال: ويحتمل أنه مات حقيقة، ويحيا في آخر الزمان، إذ لا بدّ من نزوله لتواتر الأحاديث بذلك.

“Dalam Al-‘Utbiyyah, Mālikrh berkata, ‘Nabi ‘Īsāas wafat pada usia 33 tahun.’ Ibnu Rusyd berkata, ‘Kewafatan beliau bermakna keluarnya beliau dari alam ardi ke alam samawi.’ Ibnu Rusyd berkata lagi, ‘Mungkin beliau telah wafat secara denotatif dan akan dihidupkan kembali kelak pada akhir zaman karena turunnya beliau ini bersifat pasti mengacu pada hadis-hadis yang memperbincangkannya yang berstatus mutawātir.’”

  1. Asy-Syaikh Muḥammad Ṭāhir bin ‘Alī Aṣ-Ṣiddīqī Al-Fattanī Al-Hindī Al-Ghujrātī (w. 986 H) dalam Majmaʻu Biḥār al-Anwār FīGharāʼib at-Tanzīl Wa Laṭāʼif al-Akhbār[4]yang merupakan sebuah kamus yang memuat penjelasan terhadap kata-kata asing dalam dan hadis menulis:

وقال مالك: مات وهو ابن ثلاث وثلاثين سنة. ولعله أراد رفعه إلى السماء أو حقيقته ويحيى آخر الزمان لتواتر خبر النزول.

“Mālikrh berkata, ‘Beliau (‘Īsāas) wafat pada usia 33 tahun.’ Mālikrhmungkin memaksudkan kewafatan itu dengan terangkatnya ‘Īsāaske langit atau kewafatan secara denotatif lalu beliau akan dihidupkan lagi kelak pada akhir zaman karena hadis mengenai turunnya beliau itu berstatus mutawātir.”

[1] Abū al-Walīd Muḥammad bin Aḥmad bin Rusyd Al-Jadd Al-Qurtubī, Al-Bayān At-Taḥṣīl Wa At-Taujīh Wa At-Taʻlīl Fī Masā’il al-Mustakhrajah (Beirut: Dār Al-Gharb Al-Islāmī, 1998 M), h. 449.

[2] Al-Qāḍī Abū Muḥammad ʻAbd-ul-Ḥaqq bin Ghālib bin ʻAṭīyyah Al-Andalusī Al-Muḥāribī, Al-Muḥarrar Al-Wajīz Fī Tafsīr Al-Kitāb Al-‘Azīz (Beirut: Dār Ibni Ḥazm, 2002 M), h. 308.

[3] Abū ʻAbdillāh Muḥammad bin Khalīfah Al-Wasytānī Al-Ubbī Al-Mālikī, Ikmālu Ikmāl al-Mu‘lim Bi Fawā’idi Muslim (Kairo: Maṭbā‘ah as-Sa‘ādah, 1909 M), h. 265.

[4] Muḥammad Ṭāhir bin ‘Alī Aṣ-Ṣiddīqī Al-Fattanī Al-Hindī Al-Gujrātī, Majmaʻu Biḥār al-Anwār Fī Gharāʼib at-Tanzīl Wa Laṭāʼif al-Akhbār (Lucknow: Nawam Kisyawr, 1897 M), h. 286.

Sumber: http://nafirizaman.blogspot.co.id/2014/09/kewafatan-nabi-isaas-dalam-pandangan-al.html?m=0

Sumber Gambar: http://tipsduaduniatrans7.blogspot.co.id/2015/11/kelak-di-akhir-zaman-nabi--akan.html

Tentang Penulis

R. Iffat Aulia Ahmad A.

Seorang musafir yang terdampar di persimpangan ruang dan waktu, yang duduk termangu menatap segala kericuhan zaman, menengadah ke langit di tengah keheningan, memandang takjub Sang Markaz-ud-Dā’irāt.