Opini

Memanusiakan Manusia

manusia

Menyakiti,, tak mau disakiti..

Melukai,, tak mau dilukai..

Sudah menjadi fenoma saat ini, tak sedikit orang dengan mudahnya menyakiti  hingga melukai perasaan orang lain. Uniknya, setelah melakukan hal tersebut, tentunya si pelaku tidak mau kembali disakiti, terlebih lagi dilukai. Hukum pembalasan sepertinya tidak boleh ada dalam kamus si pelaku. Unik memang, namun, tak sedikit orang yang tersakiti dan terlukai hanya dapat menggelengkan kepala hingga tersenyum miris menghadapi fenomena ini.

Sejatinya, diciptakan dari Tuhan yang sama hingga dari tanah yang sama dan pastinya juga ingin diperlakukan dengan cara yang sama. Tentunya tidak ada satu pun manusia yang ingin disakiti hingga dilukai. Inilah yang menarik, bagaimana caranya manusia memanusiakan manusia. Yaitu bagaimana caranya kita dapat memperlakukan manusia dengan baik sama seperti apa yang ingin kita terima sebagai manusia dari manusia yang lain.  

Karena, tidak sedikit manusia terjerumus hanya sekedar ingin dimanusiakan. Namun kurang atau bahkan tidak terpikir untuk memanusiakannya. Sejatinya, memanusiakan manusia dapat dimulai dari hal yang sederhana. Yaitu, bagaimana memperlakukan orang dengan baik, santun, hingga setiap perkataan dan perbuatan sebisa mungkin tak ada niatan untuk menyakiti hati orang lain. Terlihat simple memang, namun terkadang agak sulit dalam pengaplikasiaanya. Entahlah, antara egoisme pribadi atau lupa untuk lebih manusiawi.

Padahal Allah SWT berfirman dalam surah Al – Ahzab ayat ke – 58:

“Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang mu’min dan mu’minat tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesunguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata”

Allah SWT saja memberikan beban dosa untuk seseorang yang menyakiti orang lain tanpa kesalahan apa – apa. Apalagi perkataan hinga perbuatan ketus yang terang – terang dapat menyakiti hati orang lain.

Mungkin suatu hal yang kecil dan terlihat sepele dengan lebih memperhatikan setiap perkataan hingga perbuatan agar lebih berhati – hati  untuk tidak menyakiti hati dan perasaan orang lain. Namun, suatu hal yang kecil tersebut apabila dilakukan dan dirasakan oleh orang lain, tentunya mereka pun merasa dimanusiakan. Dan pada akhirnya akan menularkan untuk memanusiakan orang lain.

Memanusiakan manusia suatu hal yang sangat mudah, apabila diri mulai mencoba untuk memanusiakan dan tak hanya sekedar ingin dimanusiakan.

Sumber gambar : http://www.wakingtimes.com/2015/11/05/a-better-vision-for-humanity/

 

Tentang Penulis

Mutia Siddiqa Muhsin

Tinggalkan komentar